Monday, July 4, 2011

Perbedaan Antara Kutub Utara dan Selatan

    Bumi yang kita tinggali ini memiliki dua poros bumi, sumbu bumi, atau lebih popular lagi dengan sebutan kutub bumi. Terdapat dua kutub yang dimiliki oleh planet bumi ini yakni Utara dan Selatan, namun walaupun keberadaannya banyak diketahui oleh sebagian umum masyrakat dunia, tetapi tidak semuanya memahami dan mengetahui masing-masing kutub. Berikut 5 Perbedaan antara kutub utara dan selatan:

    1.Suhu

    Kutub Selatan rupanya memiliki suhu yang lebih dingin dibandingankan dengan Kutub Utara. Bahkan sebenarnya suhunya lebih rendah sehingga salju pun mencair sangat lambat di beberapa bagian di benua ini. Rata-rata suhu di wilayah kutub selatan ini berkisar pada -49˚ Celcius, sehingga menjadikannya tempat terdingin di bumi. Namun sangat kontras ketika di saat musim dingin, suhunya berada di titik -34˚ Celcius, dan naik sedikit menjelang musim panas.

    Temperatur suhu terdinginnya pernah mencapai -89˚,sesuai dengan yang dilaporkan oleh pos pengawas di Vostok, yang belokasi di dekat geomagnetisnya Kutub Selatan. Kutub Selatan merupakan lapisan es sehingga membuatnya rentan terhadap perubahan suhu.
    2. Beruang dan Pinguin Kutub

    Umumnya masyarakat dunia berpikir bahwa beruang dan pinguin kutub hidup di habitat yang sama. Namun pemikiran tersebut sangatlah tidak benar, sangat disayangkan ketika mereka terlihat sebagai sebuah ilustrasi kartu pos dan bagian dari iklan komersial. Pinguin merupakan hewan yang hidup di wilayah Kutub Selatan,di mana mereka tidak memiliki predator di habitatnya. Dan seandainya pinguin dan beruang hidup di wilayah yang sama, maka beruang tidak perlu khawatir akan sumber makanannya.

    Pinguin merupakan hewan jenis unggas yang memiliki sayap namun tidak digunakan sebagai alat untuk terbang, melainkan membantunya bermanuver baik di daratan terlebih di atas dan di dalam permukaan air. Di sisi lain, beruang kutub merupakan predator pribumi di sebuah benua es yang besar, kutub Utara. Mahluk berbulu tebal ini menguasai daratan benua es Kutub Utara, mereka memangsa singa laut, sapi laut, dan paus yang terdampar.


    3. Emas Hitam

    Hampir setengah bagian minyak bumin di dunia ini terdapat di dalam lapisan es Kutub Utara dan Selatan, demikian menurut survey yang dilakukan oleh badan geologi Amerika Serikat. Untuk alasan tersebutlah,pihak Rusia secara monopoli mengklaim hampir sebagian Kutub, dengan harapan dapat mengksploitasi kandungan minyak yang ada di dalamnya. Jembatan Lomonosov, yang membentang lebih dari 1,800 kilometer dan diduga dapat menghasilkan lebih dari 10 miliar ton minyak.

    Pihak Amerika pun mengklaim di bagian ini, dan menyebabkan banyak mesin penghancur es yang dikirimkan ke Kutub, sebagai tanda bahwa daera tersebut dikuasai oleh Amerika Serikat, di Alaska. Dipercaya memiliki kandungan minyak di bawah lapisan keras buminya, seperti di Laut Ross, namun pengeksplotiasian minyak ini dilarang di daerah ini.
    4. Benua dan Samudera

    Wilayah Kutub Utara merupakan samudera yang membeku, sementara Kutub Selatan merupakan sebuah benua yang terbentuk dari bebatuan dan bentukan bumi lainnya, pegunungan lembah, dan danau yang semuanya dikelilingi oleh lautan. Bahkan pada faktanya, Kutub Selatan memiliki gunung vulkanik aktif yang terkenal, Gunung Erebus

    Cukup ironis sebenarnya, dari dimensi sosial dan politik, wilayah utara yang dibentuk oleh lapisan es banyak diminati oleh berbagai negara; Kanada, Greenland (bagian dari Denmark),Rusia, Islandia, Norwegia, Swedia, Finlandia dan Amerika Serikat. Sementara Kutub Selatan merupakan wilayah yang tidak dimiliki oleh siapapun, dan tidak juga ditinggali oleh manusia manapun.
    5. Medan Magnet dan Kandungan Mineral

    Kutub Utara merupakan daratan luas, yang mengandung banyak mineral di dalam lapisan buminya, nikel emas, perak, platina, dan besi. Namun sangat kontras sekali dengan Kutub Selatan yang tidak memiliki kandungan mineral. Mengenai medan magnet bumi, kutub yang satu mendekati bagian utara dan satunya lagi ke bagian selatan, sehingga masing-masing kutub magnet tersebut dinamai sesuai dengan arah geografis tersebut. Walaupun sebenarnya letaknya berlawanan, kutub magnetis sumbu bumi Utara berada di selatan demikian pula sebaliknya.

    Terbentuknya kutub magnetis planet (bumi) dan keterkaitannya dengan poros bumi bukanlah sebuah kebetulan, karena medan magnet bumi berubah-ubah. Tidak seperti poros bumi, medan magnetis sebenarnya bergerak dan ini harus dipertimbangkan hubungannya dengan poros bumi. Perbedaannya adalah sekarang medan magnetis poros bumi Utara (medan magnet bagian selatan) bergerak maju ke arah timur dengan rata jarak tempuh 55-60 km setiap tahunnya. Sementara medan magnetis poros bumi bagian Selatan (medan magnet bagian utara) pun bergerak meskipun perlahan 10-15 km setiap tahunnya

    sumber

Post Title

Perbedaan Antara Kutub Utara dan Selatan


Post URL

http://pelariant.blogspot.com/2011/07/perbedaan-antara-kutub-utara-dan.html


Visit fashion fnder says for Daily Updated Wedding Dresses Collection

Popular Posts

My Blog List

Blog Archive